Senin, 29 Oktober 2012

artikel pengantar bisnis


MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM MANDIRI


Agar para pekerja termotivasi dengan aa yang mereka kerjakan perlunya Pengahargaan intriksik merupakan kepuasan pribadiyang anda rasakan ketika anda bekerja dengan baik dan mencpai tujuan dan juga Penghargaan ekstrinsik merupakan sesuatu yang diberikan kepada anda oleh orang lain sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik; penghargaan ekstrinsiktermasuk kenaikan bayaran, pujian, dan promosi.
Menejemen ilmiah yaitu mempelajari para pekerja untuk menemukan cara-cara efisien untuk melakukan hal-hal dan kemudian mengajari roang-orang tersebut. Studi gerakan waktu yaitu studi, yang dimulai Frederic Taylor, yang tugasnya harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan setiap tugas. Prinsip gerakan ekonomi yaitu teori yang dikembangkan oleh Frank dan Lillian Gilbreth bahwa setiap pekerjaan dapat dipecahkan menjadi serangkaian gerakan dasar.
Efek Hawthrone yaitu kecenderungan orang-orang untuk berprilaku secara berbeda ketika mereka berprilaku secara berbeda ketika mereka tahu sedang dipelajari. Haerarki kebutuhan Maslow adalah teory motivasi yang didasarkan pada kebutuhan manusia yang belum dipenuhi dari kebutuhan fisiologis dasar sampai kebutuhan keamanan, sosial, dan harga diri sampai kebutuhan aktualisasi diri.
Kesimpulan dari studi Herzberg adalah faktor-faktor tertentu yang disebut dengan faktor motivator, yang membuat para karyawan menjadi produktifdan yang memberi mereka keputusan. Dan faktor higiene, faktor yang dapat menyebabkan ketidak pasan apabila tidak ada, tetapi yang tidak selalu memotivasi karyawan bila ditingakatkan. Penggayaan menurut Herzberg dibagi menjadi 3 yaitu penggayaan pekerjaan, strategi mootivasional yang menekan pemotivasian pekerjan melalui pekerjaan itu sendiri. Penggayaan pekerjaan, trategi penggayaan pekerjaan pekerjaan yang melibatkan pengombinasian serangkaian tugas kedalam satu tugas yang menantang dan menarik. Penggayaan rotasi pekerjaan, strategi penggayaan pekrjaan yang melibatkan pemindahan karyawan dari suatu pekerjaan ke pekerjaan yang lain.
Teory X berasumsi bahwa orang bisa tidak menyukai pekerjaan dan akan menghindarinya bila mungkin oleh karena itu orang-orang harus dipaksa, dikendaliakn dan diancam dengan hukuman guna mencapai tujuan organisasional. Teory Y berasumsi bahwa orang-orang menyukai pekerjaan dan menerima tanggung jawab untuk mencapai tujuan bila di beri penghargaan karena melakukan hal itu. Teory Z berasal dari Jepang dan menekan jangka panjang; pengmbilan keputusan kolektif; tanggung jawab individual; evaluasi dan promosi yang lambat; kendali yang implisit dan informal dengan kendali eksplisit dan formal; jalan karier yang cukup terspesialisasi; dan perhatian holistisis untuk karyawan (termasuk keluarga).
Teory penentuan tujuan dan menejemen objektif didasarkan pada Teory Penentuan Tujuan, pemikiran bahwa penentuan tujuan yang ambisius, tetapi dapat dicapai dan memotivasi para pekerja dan meningkatkan kinerja pabila tujuan diterima, disertai dengan umpan balik, dengan difasilitasi oleh kondisi organisasional. Menejemen Menurut objektif, sistem penentuan tujuan dan implementasi yang melibatkan implementasi yang melibatkan siklus diskusi, tinjauan, dan evaluasi objektif di antara menejer tingkat puncak dan menengah, penyelia dan karyawan.Teory Harapan (Teory Victor Vroom) bahwa jumlah usaha yang digunakan para karyawan daam tugas tertentu bergantung pada harapan mereka akan hasil. Teory Penguatan yang branggapan bahwa penguat yang positif dan negatif memotifasi seseorang untuk berprilaku dalam cara-cara tertentu. Teory Keadilan berpikiran bahwa karyawan berusaha untuk mempertahankan keadilan antara pemasukan dan hasil bila dibandingkan dengan orang lain dalam posisi yang sama.

Prosedur yang mendorong untuk berkomunikasi secara terbuka adalah
· Menciptakan kultur organisasional yang menghargai sikap mendengarkan
· Melatih para penyelia untuk mendengarkan
· Meniadakan penghalang untuk komunikasi yang terbuka
· Secara aktif meakukan upaya untuk memfasilitasi komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar